MANAJEMEN PEMASARAN 2

Konsep, Tren, dan Tugas Pemasaran Fundamental

Untuk memahami fungsi pemasaran, kita perlu memahami konsep dan tugas fundamental tertentu, bersama dengan tren terkini. (P. Kotler&Kevin Lane Keller 2007)

Konsep Inti

Seperangkat konsep menciptakan satu fondasi untuk manajemen pemasaran dan orientasi pemasaran holistik.

KEBUTUHAN, KEINGINAN, dan PERMINTAAN, Pemasar harus berupaya memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran. Kebutuhan, merupakan tututan dasar manusia. Orang membutukan makanan, udara, air, pakaian, dan tempat berlindung untuk bisa bertahan hidup. Orang juga membutuhkan rekreasi, pendidikan, dan hiburan. Kebutuhan-kebutuhan itu menjadi keinginan bila diarahkan kepada sasaran-sasaran yang lebih spesifik yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan. Musisi barat membutuhkan piano, gitar, violin, drum, dll. Musisi tradisi jawa membutuhkan gamelan, kendang, trompet, gong, dll. Keinginan dibentuk oleh lingkungan dimana orang itu berada. Permintaan adalah keinginan akan produk-produk spesifik yang didukung oleh kemampuan untuk membayar. Banyak musisi yang menginginkan gitar merek fender kualitas tinggi, tapi beberapa diantaranya belum mau dan atau kurang mampu membayar. Dalam hal ini perusahaan harus mampu mengukur bukan saja seberapa banyak yang menginginkan akan tetapi mengukur seberapa banyak yang mampu dan mau membelinya.

Tugas Para pemasar tidak menciptkan kebutuhan akan tetapi pemasar memberikan pengaruh-pengaruh kepada konsumen, mempromosikan gagasan bahwa sebuah gitar fender berkualitas tinggi akan memuaskan seniman atau penggunanya, bahkan akan meningkatkan status sosial pemakainya.

Tugas Manajemen Pemasaran

  1. Mengembangkan Strategi dan Rencana Pemasaran,
  2. Merebut pencerahan Pemasaran,
  3. Berhubungan dengan pelanggan,
  4. Membangun merek yang kuat,
  5. Membentuk tawaran pasar,
  6. Menyerahkan nilai,
  7. Mengkomunikasikan Nilai,
  8. Menciptakan pertumbuhan jangka panjang.

Perencanaan Stratejik Divisi dan Perusahaan

Dengan mempersiapkan pernyataan Visi, Misi, kebijakan, strategi, dan tujuan kantor pusat menetapkan tujuan dan kerangka kerja. Dalam kerangka itulah divisi dan unit bisnis mempersiapkan rencana kerja mereka.

Semua kator pusat perusahaan melakukan empat aktivitas perencanaan;

  1. Menetapkan Visi dan Misi Perusahaan;
  2. Membangun unit bisnis strategi;
  3. Menetapkan sumber daya
  4. Menilai peluang pertumbuhan.

Perencanaan Strategik Unit Bisnis

Proses perencanaan Strateis Unit Bisnis terdiri dari langkah-langkah seperti pada Gambar berikut; dengan menggunakan Analisis SWOT yaitu melakukan evaluasi terhadap keseluruhan Kekuatan, kelemahan, Peluang, dan Ancaman.

flowchart swot

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s