KEWIRAUSAHAAN (pertemuan I&II Musik FISS UNPAS)

 by Ridwan

Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.

 Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang.

Kreativitas: kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang.

(inti: Kreativitas adalah memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda)

Inovasi: Kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah

dan menemukan peluang. (Inti: Inovasi adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda)

Sukses kewirausahaan akan tercapai apabila:

        Berpikir dan melakukan sesuatu yang baru

        Berpikir dan melakukan sesuatu yang lama dengan cara-cara baru

       Kewiarausahaan dilihat dari berbagai Sudut pandang dan konteks

       · Pandangan Ahli Ekonomi:

       Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan dan mengorganisasikan faktor-faktor produksi untuk tujuan memproduksi barang dan jasa, sehingga meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

       · Pandangan Ahli Manajemen:

       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi motivasi, visi, komunikasi, optimisme, dorongan, semangat dan kemampuan untuk memanfaatkan peluang usaha.

       · Pandangan Pelaku Bisnis

       Wirausaha adalah seorang pengusaha, yang merupakan pelopor dalam bisnis, inovator, penanggung risiko yang mempunyai visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam prestasi di bidang usaha. (pengusaha yang kreatif).

       · Pandangan Psikolog

       Wirausaha adalah seseorang yang memiliki dorongan kuat dari dalam dirinya untuk memperoleh suatu tujuan serta suka berekseperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya di luar kekuasaan orang lain.

       · Pandangan Pemodal

       Wirausaha adalah orang yang menciptakan kesejahteraan untuk orang lain, menemukan cara-cara baru untuk menggunakan sumber daya, mengurangi pemborosan, dan membuka lapangan kerja yang disenangai masyarakat.

Karakteristik kewirausahaan

          Commitment & Determination

Memiliki komitmen dan tekad yang bulat untuk mencurahkan semua perhatiannya pada usaha, karena dengan sikap yag setengah hati mengakibatkan besarnya kemungkinan untuk gagal dalam berwirausaha

          Desire of responsibility

Memiliki rasa tanggung jawab, baik dalam mengendalikan sumber daya yang digunakan maupun tanggung jawab terhadap keberhasilan wirausaha.

Opportunity obsession

Selalu berambisi untuk selalu mencari peluang. Keberhasilan wirausaha selalu diukur dengan keberhasilan untuk mencapai tujuan. Pencapaian tujuan terjadi apabila ada peluang

 Tolerance for risk, ambiguity & uncertainty

Tahan terhadap risiko dan ketidakpastian. Wirausaha harus belajar untuk mengelola risiko dengan cara mentransfer risiko ke pihak lain, seperti bank,investor, konsumen, pemasok dan lainnya. Wirausaha yang berhasil biasanya memiliki toleransi terhadap pandangan yang berbeda dan ketidakpastian.

Self confidence

Percaya diri. Seorang wirausaha cenderung optimis&memiliki keyakinan yang kuat terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk berhasil

 Creativity & Flexibility

Berdaya cipta dan luwes. Merupakan kemampuan untuk menanggapi perubahan yang cepat &fleksibel

 Desire for immediate feedback

Selalu memerlukan umpan balik yang segera. Seorang wirausaha selalu ingin mengetahui hasil dari apa yang dikerjakannya. Oleh karena itu, dalam memperbaiki kinerjanya,selalu memiliki kemauan untuk menggunakan ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya dan selalu belajar dari pengalaman.

High level of energy

Memiliki tingkat energi yang tinggi. Wirausaha yang berhasil biasanya memiliki daya juang yang lebih tinggi dibanding rata-rata orang lainnya, sehingga lebih suka bekerja keras, walaupun dalam waktu yang relatif lama.

 Motivation of excel

Memiliki dorongan untuk selalu unggul. Seorang wirausaha selalu ingin lebih unggul,lebih berhasil dalam mengerjakan apa yang dilakukannya dengan melebihi standar yang ada.

 Orientation to the future

Berorientasi pada masa yang akan datang. Untuk tumbuh dan berkembang, wirausaha selalu berpandanganjauh ke masa depan yang lebih baik

Willingness to learn from failure

Selalu belajar dari kegagalan. Wirausaha yang berhasil tidak pernah takut gagal dan selalu memfokuskan kemampuannya pada keberhasilan.

 Leadership ability

Kemampuan dalam kepemimpinan. Wirausaha yang berhasil memiliki kemampuan untuk menggunakan pengaruh tanpa kekuatan, dan harus lebih memiliki taktik mediator dan negosiator dari pada diktator

Beberapa nilai hakiki dari kewirausahaan:

_ Percaya diri

_ Orientasi pada tugas dan hasil

_ Keberanian mengambil risiko,

_ Kepemimpinan

_ Orientasi pada masa depan

_ Keorisinilan: Kreativitas dan inovasi

_ Motif Kewirausahaan

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s